loading...

Gerhana Matahari Total Hari Ini Adalah Tanda Kiamat




LikeYuk.Com - Gerhana matahari total yang akan jatuh pada hari ini, Jumat, 20 Maret 2015 dianggap sebagai peringatan serius bagi umat manusia.

Menurut berbagai tradisi keyakinan di beberapa negara menyebutkan bahwa gerhana pada hari ini merupakan tanda-tanda bahwa akan terjadi kiamat, tapi bukan kiamat itu sendiri.

"Menurut keyakinan bangsa tertentu, gerhana matahari total pada hari ini adalah peringatan bagi seluruh penduduk dunia dan merupakan tanda penghakiman terhadap semua negara," kata seorang pemuka agama seperti dilansir dari The Independent, Kamis 19 Maret 2015. Tapi lagi-lagi ditekankan bahwa itu hanya keyakinan tradisional pada negara-negara tertentu.

Gerhana Matahari Total
Gerhana Matahari Total


Keistimewaan tentang gerhana pada hari Jumat ini juga karena dikaitkan dengan keajaiban alam lain yang terjadi pada waktu yang sama.

Beberapa pakar meramalkan bahwa selain akan terjadi gerhana matahari, pada hari Jumat juga akan menjadi hari pertama musim semi equinox dan juga awal munculnya supermoon. Selain itu, gerhana pada hari ini akan menjadi hari pertama dari kalender Yahudi.

Musim semi equinox hanya akan terjadi sekitar 100 ribu tahun sekali dan supermoon adalah kejadian yang sangat langka dan unik, karena bulan akan terlihat sangat jelas dan dekat dengan Bumi.

Tiga kejadian alam yang akan terjadi secara bersamaan ini sangat ramai dibahas di media sosial. seperti Facebook dan Twitter. Banyak yang mencoba menganalisisnya dari segi ilmiah dan gejala alam,

Selain itu banyak juga yang menyebutkan bahwa gerhana matahari total itu adalah peringatan bagi semua umat manusia akan datangnya kiamat yang semakin dekat. Para ilmuwan sendiri sudah berkali-kali membantah kiamat akan terjadi pada saat gerhana matahari total ini. Dan mereka menganggap bahwa ini adalah gejala alam biasa.

Memang sejumlah orang suka menghubungkan fenomena yang tidak biasa ini dengan hal-hal yang berbau takhayul. Namun dalam Islam sendiri, Matahari dan bulan adalah dua tanda kekuasaan Allah SWT; dan gerhana tidak dikaitkan dengan kematian atau kelahiran seseorang.

Bagi umat muslim, ketika sedang terjadi gerhana disunnahkan untuk berdo'a memohon pada Allah SWT, mendirikan shalat dan memperbanyak sadekah.