loading...

Cara Mengatasi Anak Yang Nakal Dan Hiperaktif




LikeYuk.Com - Banyak sekali kenakalan anak yang membuat kita sebagai orang tua mengelus dada. Sebagai orang tua tentu kita menginginkan anak yang baik, cerdas, penurut, dan penuh sopan satun.

Lantas bagaimana jika anak yang kita didik sedari kecil tiba-tuba tumbuh dengan segala kenakalannya. Bunda tidak perlu khawatir secara berlebihan karena kenakalan anak pada dasarnya adalah cara dia untuk mengembangkan kecerdasan.

Cara Mengatasi Anak Yang Nakal Dan Hiperaktif
Cara Mengatasi Anak Yang Nakal Dan Hiperaktif


- Anak Yang Aktif

Anak aktif yang dimaksud adalah jika anak-anak tampak senantiasa aktif, berlari kesana kemari, bahkan ia tidak bisa membedakan situasi dan kondisi tertentu.

Penyebabnya dari anak yang aktif kemungkinan yaitu tidak tersedia tempat atau ruangan bermain anak dan belum paham tata cara bermain.

Cara Mengatasi Anak Yang Sangat Aktif

a) Orangtua hendaknya menyediakan tempat atau ruangan khusus bermain anak.

b) Orangtua juga perlu menyampaikan tentang tata cara bermain tersebut.


- Anak Yang Suka Membangkang

Anak yang suka membangkang yaitu anak yang tidak mau menurut diperintah oleh orang tuanya, membantah jika diberikan pengarahan yang baik, tidak mau menerima nasehat atau malah berani menentang setiap apa yang disampaikan oleh orangtua nya.

Penyebab anak yang membangkang antara lain karena orang tua tidak memahami kecenderungan anak, sikap orang tua yang otoriter, orang tua merasa paling benar atau bisa juga anak membangkang karena menagih janji orang tuanya.

Cara Mengatasi Anak Yang Suka Membangkang


a) Hendaknya orang tua memahami kecenderungan anaknya.

b) Orang tua harus peka dalam memahami kejiwaan anaknya.

c) Hendaknya orang tua tidak mengobral janji pada anaknya, karena janji harus ditepati.

d) Memberikan kasih sayang kepada anaknya, sehingga anak merasa nyaman saat bersama kedua orang tuanya.



- Anak Yang Malas, Tidak Mau Diatur Dan Diperintah

Malas dalam hal ini bisa diartikan seperti malas untuk bangun pagi, malas belajar, malas membersihkan kamarnya sendiri dan lain sebagainya.

Anak menjadi malas disebabkan beberapa hal, diantaranya mendapatkan tugas yang banyak baik dari sekolah maupun dari orang tua, sangat dimanja oleh orang tuanya, pendidikan orang tua yang keras dan kaku, tidak adanya perhatian karena kesibukan orang tua dan lain sebagainya.

Cara Mengatasi Anak Yang Malas

a) Orang tua harus menunjukkan dengan senang hati menemani anaknya dalam mengerjakan tugasnya dari sekolah.

b) Orang tua harus memberikan kepercayaan untuk melakukan pekerjaan yang memang sudah sewajarnya dilakukan oleh anak seusianya.

c) Orang tua hendaknya membangun kesadaran dalam diri anak-anaknya.


- Anak Yang Kecanduan Main Game

Sekarang ini banyak anak yang suka nge-game khususnya game online baik dirumah seharian ataupun pergi ke warnet.

Berdasarkan sebuah penelitian di Inggris, bahwa anak-anak yang menghabiskan waktunya lebih dari dua jam hanya untuk menonton televisi atau bermain game ternyata memiliki resiko lebih besar untuk terkena penyakit kejiwaan.

Penyebab anak kecanduan main game diantaranya adalah tidak banyak pilihan untuk bermain baginya, atau bisa jadi karena orangtua terlalu cuek terhadap anak.

Cara Mengatasi Anak Yang Kecanduan Main Game

a) Hendaknya orang tua menyampaikan akibat buruknya bermain game online.

b) Sediakan berbagai pilihan bermain yang bisa mengasah otak anak anda, seperti : puzzle, halma, ular tangga dan permainan lainnya yang bisa melatih otaknya untuk berpikir.

c) Sudah semestinya bagi orang tua untuk menunjukkan perhatian kepada anak-anaknya.

Demikian tips dan cara untuk mengatasi anak yang nakal, bandel, pemalas dan suka membangkang, Semoga bermanfaat bagi anda yang sedang mempunyai anak dengan karakter diatas.