loading...

Biodata Mark Zuckerberg, Milyuner Muda Pendiri Facebook




Mark Elliot Zuckerberg adalah laki-laki terkenal yang lahir pada tanggal 14 mei 1984. Dia dikenal sebagai programmer komputer negara Inggris serta pengusaha internet. Zuckerberg adalah orang yang biasa disapa dengan kelima penemu jejaring social yakni Facebook. Ia ditunjuk sebagai ketua Facebook Inc pada april 2013. Kekayaan intelektualnya kali ini mencapai 35 milliar dollar atau setara dengan 458.132.500.000.000 Rupiah.

Mark Zuckerberg
Mark Zuckerberg

Rintisan karirnya telah dimulai saat ia menduduki bangku perkuliahan, dengan teman sekamarnya Eduardo Saverin, Dustin Moskovitz dan Toby McCollum serta Chris Hughes, ia merilis Facebook melalui situs akademik Universitas Harvard. Situs hebat ini diluncurkan lewat kamar tidurnya di asrama siswa universitas Harvard pada tahun 2004.

Inspirasi Facebook itu sendiri hadir dari Akademi Philips Exeter yakni kehadiran The Photo Adress Book yang mana kini disebut sebagai Facebook. The Photo Adress Book dirancang seperti direktori atau kolase foto-foto yang mana ini sangatlah dianggap penting oleh beberapa siswa karena menawarkan pengalaman yang berbeda dengan pengalaman social di banyak sekolah privat.

Dengan situs direktori foto tersebut, siswa dapat menambahkan atribut angkatan tahun, teman-teman dan nomor telepon mereka. Tentu saja ini jadi ajang bergengsi online yang dapat diakses dimana saja pada waktu itu. Hal ini kemudian menginspirasi Zuckerberg untuk menyebarkannya diluar kampusnya. Melalui temannya Dustin Moskovitz mereka memulai dengan Universitas New York, Dartmouth, Brown, Yale dan Standford.

Pada pertengahan tahun 2004, mereka berencana untuk kembali ke Harvard namun mereka tetap tinggal untuk sementara. Setelah Mark Zuckerberg, Moskovitz dan beberapa yang lainnya pindah ke Palo Alto, California, mereka akhirnya menyewa rumah yang mereka jadikan sebagai kantor. Saat itu yang menjadi investor terbesar hanyalah Zuckerberg dan temannya Peter Thiel.

Mereka menolak beberapa tawaran perusahaan besar untuk membeli perusahaan mereka. Pada tahun 2007 dalam sebuah wawancara akbar, Zuckerberg dan teman-temannya menjelaskan bahwa mereka tidak sama sekali mengincar uang yang perusahaan-perusahaan tawarkan. Akan tetapi ia akan membuka peluang bagi cabang informasi yang terbuka untuk orang-orang. Memiliki perusahaan yang di kepalai oleh konglomerat bukanah impian mereka.

Facebook itu sendiri juga mendapat kecaman di berbagai daerah, contohnya China. Mark Zuckerberg akhirnya harus menghadiri konferensi besar di China yang secara nyata menentang dan melarang Facebook masuk kedalam negaranya. Mereka menganggap Facebook adalah hal yang sia-sia, membuang waktu dan terlalu memfasilitasi keterlibatan sosial dalam kancah umum.

Tetapi Mark Zuckerberg membantah dengan pidatonya dalam bahasa Mandarin dengan dalih bahwa Facebook hanya mencoba untuk belajar bagaimana melayani masyarakat. Selain permasalahan yang datang dari luar, Zuckerberg juga mengalami permasalahan dengan beberapa teman sekaligus partner kerjanya yakni Eduardo Saverin, nama Eduardo Saverin sempat di hapus dari barisan penemu Facebook.

Hal ini sempat diangkat oleh Eduardo ke gugatan resmi pengadilan, namun akhirnya hanya diselesaikan secara kekeluargaan dengan Mark Zuckerberg. Nama Eduardo dan Mark Zuckerberg kini resmi dijadikan sebagai Penemu Facebook setelah Eduardo menandatangani beberapa dokumen legalitas.